Selamat datang di Web Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumatera Selatan

PERESMIAN ODP CENTER ( Rumah Sehat Covid-19), Wisma Atlet Komplek JSC Palembang


Gubenur Sumatera Selatan H. Herman Deru dan Wakil Gubenur Mawardi Yahya, di dampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan Basyaruddin Akhmad meresmikan langsung ODP Center atau Rumah Sehat Covid-19 yang berlokasi di Wisma Atlet Komplek Jakabaring Sport City Palembang, Senin (30/3/2020).


Peresmian tersebut  segera dilaksanakan,  setelah Herman Deru memastikan persiapan yang dilakukan telah matang baik dari segi tempat, tenaga medis hingga fasilitas yang dibutuhkan."Hari ini rumah sehat Covid-19 ini resmi beroperasi. Fasilitas, tenaga medis dan lainnya sudah lengkap sehingga langsung bisa digunakan," ujar Herman Deru. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Menyediakan 340 Kamar dengan daya tampung 1.000 orang. Beliau berharap, rumah sehat tersebut dapat digunakan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan penyebaran wabah Covid-19 di Sumatera Selatan.


"Masyarakat yang merasa pernah melakukan perjalanan dari luar provinsi maupun daerah yang terpapar Covid-19 bisa datang kesini untuk menjalani pemeriksaan oleh tim medis yang telah disiagakan," terangnya.  Sebelum menjalani masa karantina di wisma atlet, ODP yang datang akan menjalani pemeriksaan di Poliklinik Kesehatan Covid-19 yang berada tak jauh dari wisma atlet yang merupakan tempat karantina.


Di poliklinik tersebut, tim medis akan menentukan apakah ODP tersebut akan dilakukan isolasi di rumah sehat atau dianjurkan melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing. "Ini ada kriterianya, tidak semua ODP di isolasi disini. Mereka (ODP) juga bisa disarankan isolasi mandiri di rumah masing-masing namun tetap dipantau oleh tim medis," tuturnya. Dalam upaya ini, tentu harus didorong juga dengan kesadaran masyarakat, lanjutnya. "Perlu adanya kesadaran masyarakat, terutama bagi mereka yang pernah ke daerah terpapar atau berinteraksi langsung dengan PDP maupun pasien positif," imbuhnya.